Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Pegunungan Bintang

Pengusaha Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Pegunungan Bintang . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg banyak dikenal . Kampung tersebut dikenal sbg sentra pengrajin kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa saudara Tumang memilih usaha di rumah kerajinan logam untuk ditawarkan ke beragam konsumen. Keahlian menempa logam dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, panci, ceret, and lainnya walaupun demikian masa ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan ornamen hotel, gedung, and lain.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai bergairah dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak permintaan datang dari beragam daerah di NKRI and manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya adalah hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin membantu para ahli kerajinan logam untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah and banyak negara. Teknologi internet begitu membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yg terbantu adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kendari. Tak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bukit tinggi.

Contoh Kerajinan Logam Kuningan adalah lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, and lainnya. Pembeli jg dpt mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dapat punya desain sendiri setelah itu AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan kuningan begitu bervariasi walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yg menarik. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini adalah beberapa faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal disebabkan bahan yg digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya semakin murah disebabkan bahan yg digunakan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harga jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentunya juga murah), jika permintaan dari daerah lain tentunya otomatis dikenai ongkir.

Problem para produsen kerajinan tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Problem lain, produsen Boyolali-Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dpt menerima harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga diharuskan inovatif and diharuskan memantau permintaan prospek. Sekarang AA Gallery nggak sekadar menerima permintaan kerajinan tembaga yg dibutuhkan untuk keperluan interior rumah namun telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai ukiran kubah dpt mengikuti keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg keren adalah AA Gallery menerima kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi nggak sekadar satu sahaja tapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra aktivitas and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari banten. Berbekal pengalaman puluhan tahun membuat seni tembaga, AA Gallery bertambah mengerti cara untuk memproduksi seni tembaga yg bermutu and sesuai yg diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yg urgen pelanggan puas.